Selasa, 19 November 2013

Springtails (Collembola)


Selanjutnya kita ada organisme lain yang cukup membuat tercengang. Organisme ini bernama “Springtails”. Sudah taukah kalian tentang springtails ini? Pasti jarang yang mengetahuinya ya, kalau begitu kita akan membahas mengenai si springtails ini.


    
Springtail ini adalah anggota keluarga terbesar dari 3 garis evolusi hexapoda modern yang sudah tidak lagi digolongkan sebagai serangga melainkan dikelompokkan kedalam sebuah kelas yang bernama Entognatha. Dikarenakan springtails ini memiliki bagian mulut internal, bukan eksternal seperti serangga. Untuk taksonomi dari organisme ini adalah sebagai berikut.

Kingdom               : Animalia
Phylum                  : Arthropoda
Subphylum            : Hexapoda
Class                      : Entognatha
Subclass                : Collembola
Order                     : Entomobryomorpha
                                      Symphypleona

            Anggota dari springtails ini biasanya berukuran  kurang dari 6 mm. Dan bentuk tubuhnya terddiri dari 6 segmen atau kurang. Springtails bernafas menggunakan trakea, sistem pernafasan yang sering ditemukan pada jenis hexapoda.
            Karakteristik dari organisme ini adalah mereka memiliki sepasang ekor terlipat dibawah tubuh mereka yang disebut “furcula” yang biasa digunakan untuk melompat. Dan jangan salah, lompatan dari springtails ini bisa mencapai beratus kali panjang tubuhnya. Ini dikarenakan respon dari furcula yang sangat cepat ketika organisme ini merasa terancam.




            Organisme ini juga memiliki keistimewaan yaitu bisa mengurangi ukuran tubuhnya sampai 30% dari ukuran awal. Hal ini terjadi ketika suhu lingkungan naik sehingga membutuhkan konsumsi energi dan cairan yang lebih, dengan mengurangi ukuran tubuhnya secara otomatis penggunaan energi dan cairan pada saat suhu yang panas ikut berkurang.
            tetapi organisme ini memiliki hubungan yang kurang baik bagi manusia. Karena biasanya organisme ini menjadi hama dari produk agrikultur manusia seperti beras, gandum, dan jagung. Selain itu karena populasinya yang sangat besar ( 100.000 ekor / m3 tanah) dapat menghabiskan produk agrikltur secara cepat dan tak tersisa.

Sumber :

subscribe :
via email → aculleaters@gmail.com
via twitter → @bacuulll

0 komentar:

Posting Komentar