Minggu, 24 November 2013

Kutu Kucing / Cat Flea (Ctenocephalides felis)


Apa kalian tau tentang kutu? Pasti kalian langsung merasa geli dan memikirkan kutu manusia. Salah, yang akan kita bahas kali ini adalah kutu kucing. Karena kutu kucing sendiri dengan kutu manusi berbeda jenis. Inilah penjelasan mengenai kutu kucing tersebut.




Kutu kucing (Ctenocephalides felis) adalah sejenis kutu penghisap darah yang menjadi hama pada kucing dan penyebarannya merupakan yang terbesar di dunia. Ukuran dewasa dari kutu ini berkisar dai 1 – 2 mm. Dengan eksoskeleton berwarna coklat kemerahan meskipun tidak semuanya berwarna tersebut. Meskipun kutu ini adalah kutu kucing, tetapi organisme ini juga bisa berkembang di omnivora dan karnivora lainnya bahkan manusia. Tetapi jarang ada kasus kutu manusia yang melibatkan kutu kucing ini.
Untuk taksonomi dari kutu kucing ini sendiri adalah sebagai berikut.

Kingdom   : Animalia
Phylum      : Arthropoda
Class          : Insecta
Order         : Siphonaptera
Family       : Pulicidae
Genus        : Ctenocephalides
Species      : Ctenocephalides felis


Kutu kucing ini mengalami metamorfosis sempurna dan bereproduksi secara ovipar dengan sistem gender. Untuk urutan metamorfosis sempurna dari organisme ini adalah sebagai berikut.

Telur → Larva → Pupa → Kutu Dewasa

            Kutu kucing ini adalah salah satu hama pembawa penyakit juga. Organisme ini menularkan penyakit yang dibawanya melalui gigitannya yang dapat menyebabkan perdangan di kulit yang disebut sebagai “flea allergy dermatitis” bagi manusia, anjing, kucing serta omnivora dan karnivora lainnya.

Sumber :

Subscribe :
Via email → aculleaters@gmail.com
Via twitter → @bacuulll

0 komentar:

Posting Komentar