Minggu, 17 November 2013

Beruang Air / Babi Lumut (Tardigrade)

Pernah dengar kata beruang air? Pasti kalian yang pencari ilmu pengetahuan pernah mendengarnya di media elektronik maupun  non-elektronik. Tapi kali ini kita akan mengenali lebih jauh siapakah beruang air ini.
           


            Beruang air ini berasal dari kingdom yang sama seperti kita¸yaitu animalia. Tapi hewan ini memilki struktur anatomi dan morfologi yang lebih ringkas. Untuk taksonomi dari hewan air ini adalah sebagai berikut.
Kingdom                    :           Animalia
Superphylum             :           Ecdysozoa
Phylum                       :           Tardigrada
Ordo                           :           (Uncategorized)
Classes                        :           Eutardigrada
                        Heterotardigrada
                                                Mesotardigrada
            Tardigrades / Beruang air pertama kali dideskripsikan oleh Eprhaim Goeze pada tahun 1773. Dan nama Tardigrade sendiri diberikan oleh Spallanzani (1777) dari kata “Tardigrada” yang berarti “pejalan lambat”. Tardigrade dewasa yang terbesar bisa menjapai ukuran 1 – 1,5 mm yang terkecil berukuran 0,1 mm. Dan untuk tardigrade yang baru menetas memiliki ukuran 0,03 – 0,05 mm. Tardigrade atau beruang air ini dapat ditemukan di seluruh belahan dunia, dari 2000 mdpl di puncak himalaya sampai 4000 m di dasar laut. Fosil tardigrade pertama berasal dari 530 juta tahun yang lalu yaitu tepatnya pada zaman cambrium dimana dinosaurus belum menguasai dunia.
            Tardigrade memiliki tubuh silindris dengan 4 pasang kaki dan 4-5 cakar yang disebut “disks” pada setiap kakiny. Organisme ini bernapas menggunakan kulit/permukaan tubuhnya karena dia tidak memiliki organ pernapasa. Tardigrade adalah hean pemakan tumbuhan (phytofag), pemakan bakteri (bakteriofag), dan organisme kecil lainnya (predator).
            Untuk reproduksi dari tardigrade sendiri, organisme ini telah memiliki sistem gender. Dan sistem reproduksi ovipar atau bertelur dengan fertilisasi luar maupun fertilsasi dalam. Anak-anak tardigrade akan menetas 14 hari setelah pembuahan berlangsung.


            Tarigrade bersifat polyextremophile atau sangat extremophile yaitu sifat durabilitasnya yang sangat tinggi. Organisme ini dapat bertahan beberapa menit pada suhu 151oC atau beberapa menit dengan dibekukan pada suhu -273oC atau 0K. Organisme ini juga bisa bertahan di luar angkasa dengan tekanan yang sangat rendah dan radiasi dari matahari selama 10 hari, kemampuan yang sangat luar biasa bukan? Selain itu makluk ini juga dapat bertahan dengan tekanan 6x tekanan di dasar palung mariana.
            Tardigrade juga bisa bertahan selama ratusan tahun dalam kondisi kering / terdehidrasi dan dia hanya memerlukan 3% air untuk merehidrasi selselnya yang dlam keadaan gel. Dan makhluk ini dapat menahan dan mengionisasi radiasi yang bisa membahayakan sebanyak 1000x lebih kuat daripada makhluk lain.
            Sekian dulu untuk post pertama saya, terimakasih.

Sumber :
Subscribe:
via email          = aculleaters@gmail.com

via twitter        = @bacuulll 

0 komentar:

Posting Komentar